Click to open network menu
Join or Log In
Mobafire logo

Join the leading League of Legends community. Create and share Champion Guides and Builds.

Create an MFN Account






Or

Summoner Info

Biography

13 Tempat Rekreasi Di Samarinda Yang Dapat Anda Datangi

Samarinda sebagai ibukota propinsi Kalimantan Timur. Tahukah Anda jika kota Samarinda menjadi satu diantara kota paling besar di Kalimantan? Tidaklah aneh bila kota ini meriah dalam jumlah warga yang cukup padat. Sebagai ibukota propinsi, pasti Samarinda jadi target pembangunan baik sarana umum atau fasilitas prasarana yang lain.

Lalu, bagaimana dengan pariwisatanya?

Kekuatan rekreasi di Samarinda rupanya tidak kalah menarik dengan beberapa kota lain di Indonesia. Dimulai dari rekreasi alam sampai religius.

Ingin tahu? Berikut 13 tempat rekreasi di Samarinda yang memikat beberapa traveller untuk mendatanginya.

1. Mushola Islamic Center
Tempat rekreasi di Samarinda yang hendak dibahas ialah rekreasi religius. Samarinda mempunyai sebuah mushola dengan arsitektur bangunan yang demikian cantik dan unik, yakni Mushola Islamic Center. Ada di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, mushola ini jadi favorite yang ditunjukkan dengan adanya banyak pelancong baik dari luar atau dalam kota yang bertandang. Banyak kekhasan yang berada di mushola ini.

Dari arsitekturnya di inspirasi dari Hagia Sophia di Turki. Mushola ini mempunyai sebuah menara khusus sama ukuran tinggi yang disamakan dengan asmaul husna yakni 99 mtr.. Disamping itu ada menara yang memiliki ukuran lebih pendek sekitar 6 sebagai simbol rukun iman. Sementara pada anak tangga ke arah lantai khusus tersusun sekitar 33 yang menyimbolkan jumlah butiran tasbih. Kekhasan berikut sebagai daya magnet tempat rekreasi ini dan disini juga ada Makanan Khas Padang dijual di sekitaran tempat ini.

2. Pulau Kumala
Siapakah yang tidak tahu sungai Mahakam? Salah satunya sungai paling besar di Kalimantan ini mempunyai pulau yang ada di tengahnyanya yang ****nali dengan Pulau Kumala. Nach, pulau ini menjadi satu diantara tempat rekreasi di Samarinda yang cukup terkenal. Di pulau ini Anda dapat ketahui lebih dalam mengenai budaya Kalimantan dimulai dari bangunan tradisi, candi, sampai patung lembu.

Walau mengangkat rekreasi budaya, tetapi tempat rekreasi ini tawarkan sarana permainan kekinian seperti kereta mini, kereta menggantung, humor putar, dan sky tower dengan tinggi 75 mtr..

3. Pulau Beras Basah
Rekreasi pulau yang lain dapat didatangi saat berkunjung ke Samarinda ialah Pulau Beras Basah. Lokasinya ada di Bontang Kalimantan Timur, persisnya di Selat Makassar.

Di pulau ini, Anda akan dimanja dengan pemandangan alam pantai berpasir putih sama air yang demikian jernih. Antiknya pada tempat ini ada bangunan mercusuar yang tidak kembali digunakan. Asyiknya kembali, Anda bisa juga nikmati keelokan alam bawah laut pada tempat ini.

4. Air Terjun Tanah Merah
Rekreasi air terjun rupanya tidak ***a dikuasai oleh beberapa kota di pulau Jawa, tapi Samarinda ada juga. Berada di Desa Purwosari, Kecamatan Samarinda Utara, air terjun Tanah Merah namanya.

Air terjun dengan tinggi 15 mtr. ini cukup unik, karena air jernih yang jatuh ke bawah berbeda kotor kemerahan. Sudah pasti ini tidak ada hubungannya dengan mistis, tapi disebabkan karena tanah di tempat air terjun sejenis gambut.

5. Air Terjun Pinang Seribu
Rekreasi air terjun lain di Samarinda yang dapat Anda datangi ialah Air Terjun Pinang Seribu. Daya magnet dari tempat rekreasi ini berada pada wujud air terjun yang unik karena berundak-undak dengan saluran air yang tidak begitu deras.

Ini tentu saja memungkinkannya untuk pengunjung untuk bermain air, terhitung anak-anak. Di sini, pengunjung bisa juga nikmati permainan lain seperti sepeda air dan memancing. Disamping itu ada gazebo untuk istirahat.

6. Telaga Permai Batu Besaung
Telaga Permai Batu Besaung sebenarnya sebagai bumi perkemahan. Tetapi, keelokan alamnya memikat buat dijadikan tempat rekreasi. Sekarang, tempat ini tidak ***a berperan sebagai tujuan aktivitas kemping saja tapi juga liburan.

Kekhasan tempat rekreasi ini berada di ketinggian tanah yang berveda hingga sungai yang melewatinya terlihat seperti air terjun. Makin hebat karena pengunjung dapat merendam dan bermain air di tampungan air yang dangkal.

7. Taman Wisata Lembah Hijau
Lokasinya ada di lajur Samarinda - Bontang Km. 15, Taman Wisata Lembah Hijau biasa dipakai untuk outbound anak-anak sekolah dan pegawai perusahaan. Tempatnya yang luas hingga memungkinkannya menjadi tempat rekreasi terintegrasi yang tawarkan tempat camping, flying fox, tiruan rimba, kolam renang, tempat bermain anak, kolam pancing, gazebo, dan kafetaria.

Selengkapnya sarana pada tempat ini membuat beberapa pelancong berminat untuk mendatanginya.

8. Dusun Budaya Pajang
Anda ingin mengenali lebih dalam mengenai budaya Samarinda? Hadirlah ke Dusun Budaya Pajang. Dusun yang ditempati oleh suku Dayak Kenyah ini selalu ramai didatangi pelancong baik dari luar atau dalam kota.

Keunikannya terlihat pada rumah tradisi Dayak dengan ukir-pahatan ciri khas suku yang dijadikan balai tatap muka. Untuk melipur pengunjung, tiap Minggu start pukul 13.00 sampai 15.00 akan dihidangkan pergelaran seni, di mana semua masyarakat dusun akan memakai pakaian adatnya.

9. Tjiu's Palace
Tempat rekreasi di Samarinda yang lain yang asyik untuk liburan dengan keluarga ialah Tjiu's Palace. Di sini banyak pertunjukan selingan yang dijajakan, misalkan kolam pemancingan ikan, sepeda air dengan beraneka macam, kereta mini, dan lain-lain.

Untuk masuk ke arah tempat rekreasi ini tidak diambil ongkos atau ***a-***a, tetapi berlaku ketentuan jangan bawa minuman dan makanan di luar.

10. Pinggiran Mahakam
Sungai Mahakam yang melewati Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Samarinda tidak ***a bermanfaat sebagai transportasi saja, tapi juga berpotensi rekreasi yang prospektif. Lajur pinggiran sungai ini menjadi satu diantara tempat rekreasi yang asyik untuk didatangi.

Anda dapat nikmati keelokan sungai pada malam hari sekalian didampingi kulineran Makanan Khas Medan yang ditawarkan di sejauh pinggir sungai.

11. Daerah Tenun Samarinda
Kain tenun jadi keunikan dari Samarinda. Nach, bila Anda ingin ketahui langkah membuat, karena itu hadirlah ke Daerah Tenun Samarinda sebagai sentral kerajinan kain tenun.

Terletak ada di Kecamatan Samarinda Seberang, ada dua daerah sebagai sentral kerajinan kain tenun yakni Daerah Baqa dan Daerah Mushola.

12. Kebun Raya Unmul
Tempat rekreasi di Samarinda yang ini sebetulnya rimba pengajaran punya Kampus Mulawarman, tapi juga dibuka untuk umum. Kebun Raya Unmul namanya. Di sini, Anda dapat nikmati keelokan danau dengan sepeda air.

Tidak itu saja, Anda bisa juga menyaksikan kebun binatang mini dan museum kayu yang pasti akan menambahkan pengetahuan Anda mengenai bermacam tipe kayu di Kalimantan.

League of Legends Champions:

Teamfight Tactics Guide